Ketahui Teknologi Militer di Indonesia, Yuk!

Ketahui Teknologi Militer di Indonesia, Yuk! Indonesia merupakan negara dengan sistem keamanan yang tinggi. Terbukti dengan Indonesia  yang menjadi negara terkuat di Asia tenggara. Bahkan, Indonesia menduduki peringkat 15, satu tingkat di atas Israel menurut Global Firepower.

Selain itu, Indonesia memiliki senjata yang diekspor ke beberapa negara lain termasuk Malaysia, Singapura, Filipina dan masih banyak lagi. Berikut adalah teknologi militer buatan Indonesia.

Smoke Warhead

Teknologi militer buatan Indonesia ini mengungguli produk buatan Rusia dan Amerika Serikat, lho! Smoke Warhead adalah kepala roket dengan diameter 70 mm yang dipasang dengan roket pasangan pada pesawat Super Tucano. Alat ini memberi informasi kepada pilot masalah posisi jatuh roket. Caranya, alat ini mengeluarkan asap selama dua menit saat roket jatuh ke tanah.

Smoke Warhead dibuat oleh PT Sari Bahari dari Ngalam, Malang, Jawa Tengah. Smoke Warhead telah diproduksi sejak tahun 2000 hingga saat ini sebanyak 3000 buah Smoke Warhead yang dipesan TNI. Bahkan, akhir Maret lalu, sekitar 260 unit kepala roket Smoke Warhead diekspor ke Chili.

Panser Anoa

Panser Anoa adalah kendaraan militer buatan anak Indonesia yaitu PT Pindad di Bandung. Karena teknologi militer ini dibuat di Indonesia, sudah jelas jika desainnya memenuhi kebutuhan medan Indonesia. Mulai dari bahan bakar, kapasitas mesin, hingga kemampuan tempur. Sebenarnya, cikal bakal Anoa ini muncul pada tahun 1993 bersamaan dengan proyek nasional. Namun kendaraan ini baru diperkenalkan pada HUT RI ke 61 yaitu pada tahun 2006.

TNI memesan 154 unit Anoa dengan berbagai tipe pada tahun 2008. Selanjutnya pemesanan dilakukan pada tahun 2011 dengan tipe APC dan memesan 61 unit Anoa pada tahun 2012.   Kendaraan ini sudah diuji di negara-negara gurun seperti Lebanon yang digunakan pasukan perdamaian PBB.

Baca juga : http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/2019/01/21/penemuan-teknologi-digital/

Saat ini PT Pindad mengeluarkan Anoa dengan jenis baru. Teknologi militer ini menggunakan senjata canon kaliber 20 mm dengan jenis Infantry Fighting Vehicle (IFV). Tidak hanya handal, kendaraan ini juga mudah dirawat, lho. Maka dari itu Anoa sangat diminati oleh TNI. Semoga artikel ini bermanfaat.