Intip Sejarah Teknologi Listrik, Yuk

Intip Sejarah Teknologi Listrik, Yuk! Listrik adalah hal yang sangat penting dewasa ini. Jika tidak ada listrik, akan sulit untuk menjalankan aktivitas. Apalagi untuk orang yang bekerja menggunakan listrik. Tapi, tahukah kamu asal usul listrik ditemukan? Yuk kita kupas sedikit tentang sejarah teknologi listrik.

teknologi listrik

Baca juga artikel lain di :
http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/

Penemuan listrik pertama kali melibatkan bulu kucing dan amber pada tahun sekitar 600 SM oleh Thales of Miletos. Thales menggosok amber pada bulu kucing dan mengambil sedikit bulu kucing itu. Hal ini menggambarkan listrik statis.

Sedangkan magnet ditemukan pada sekitar 900 SM oleh Magnus, penggembala Yunani melewati ladang batu hitam yang kemudian daerah ladang batu hitam itu dinamai Magnesia dan itu pula asal usul penamaan magnet. Di antara penemuan magnet dengan teknologi listrik berkisar 1800 tahun atau hampir 2 milenia.

Kemudian sejarah listrik dimulai lagi oleh William Gilbert, dokter yang melayani Ratu Elizabeth pertama di Inggris. Pada tahun 1600, William Gilbert menerbitkan laporan yang berjudul “De magnete, Magneticisque Corporibus”. Laporan ini menggunakan bahasa Latin yang menjelaskan tentang penelitian listrik dan magnet.

Selain itu, kisah tentang Bapak listrik, yaitu Michael Faraday yang berasal dari keluarga tidak mampu dan hanya lulusan SD. Faraday lahir di London Selatan, Inggris. Penemuan  teknologi listrik yang ia lakukan pertama kali menggunakan 7 uang logam yang ia tumpuk dengan 7 lembaran seng dan 6 lembar kertas yang dibasahi air garam. Ia mengikuti Volta ketika menemukan baterai pertama kali.

Lalu Faraday melakukan riset lanjutan yang kemudian membuat alat untuk menghasilkan sebuah Rotasi Elektromagnetik. Itu pula cikal bakal ditemukannya listrik. Michael Faraday yang wafat pada tanggal 25 Agustus 1867  dikenal sebagai penemu listrik. Namanya diabadikan di dalam satuan ilmu fisika yaitu satuan kapasistansi dengan simbol (F).

Baca juga : http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/2019/03/25/teknologi-sederhana-yang-bermanfaat/

Selain Faraday, ada pula Ampere, Coulumb dan Joseph Priestly dan masih ada yang lainnya. Mereka sangat berjasa karena telah menemukan teknologi listrik. Juga, teknologi ini pasti akan berkembang dari waktu ke waktu. Semoga artikel ini bermanfaat.