Ketahui Perkembangan Teknologi Kesehatan

Ketahui Perkembangan Teknologi Kesehatan! Teknologi kesehatan merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam bentuk obat-obatan, vaksin, prosedur dan sistem untuk memecahkan masalah. Mencakup macam-macam produk kesehatan untuk mengobati penyakit atau kondisi media pada manusia. Teknologi kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui diagnosis dini, pengurangan waktu rawat di rumah sakit dan sebagainya.


teknologi kesehatan

Baca juga artikel lain di :
http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/

Karena, kemajuan teknologi kesehatan sangat bisa memungkinkan dokter mendiagnosis pasiennya lebih awal. Bahkan tempat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit menggunakan teknologi untuk memperbaiki hasil dan dapat mengurangi biaya perawatan. Apalagi, didukung oleh tersedianya perangkat seperti smartphone dan tablet, penyedia layanan akan menjangkau masyarakat yang banyak dengan biaya yang murah.

Meski begitu, pengembangan teknologi kesehatan memiliki dampak sosial. Seperti contoh, seorang dokter akan mencari penyakit seseorang berdasarkan informasi objektif dan bukan mendengarkan pasien secara subjektif. Alangkah baiknya jika kamu seorang dokter, kamu bisa mendengarkan pasien secara subjektif, dan menambah informasi objektif dari pengembangan teknologi kesehatan.

Beberapa contoh dari teknologi zaman kini ialah teknologi penyambung sel kulit dan tulang. Teknologi ini muncul karena penelitian yang dilakukan oleh Ohio University. Teknologi ini berbentuk chip sebesar sim card smartphone. Percobaan ini awalnya diuji pada tikus dan babi. Setelah hewan itu sengaja dibuat terluka, chip ini ditanamkan pada bagian yang terluka. Ternyata chip ini membuat aliran darah pada hewan itu berjalan lancar. Juga membuat sel-sel saraf kembali normal. Chip ini digunakan sementara agar luka tidak terasa terlalu sakit sebelum mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Ada juga teknologi kesehatan yang menarik. Buat kamu yang mengalami kesulitan dalam penurunan berat badan, peneliti Colombia University Medical Centre membuat penemuan bernama Microneedle Patch dengan teknologi nanopatch. Cara kerja microneedle adalah mengendalikan obat yang sudah diinjeksikan pada microneedle ke area tertentu berdasarkan saran petugas medis. Namun sayangnya, tidak semua orang dapat menggunakan microneedle.

Baca juga : http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/2019/04/12/intip-sejarah-teknologi-listrik/

Sebenarnya masih banyak lagi teknologi kesehatan yang canggih dan unik sekarang ini. Apalagi teknologi bertambah setiap waktunya. Namun, meski sedikit semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Terima kasih.