Mengenal Program Studi Teknologi Agroindustri

Mengenal Program Studi Teknologi Agroindustri! Sebelum mengenal program studi teknologi agroindustri, sebaiknya kamu memahami dulu apa itu agroindustri. Agroindustri merupakan kegiatan yang memilih bahan bakunya adalah hasil dari pertanian dan menyediakan jasa untuk merancang juga memiliki peralatan untuk kegiatan tersebut.


teknologi agroindustri

Baca juga artikel lain di : http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/

Austin (1981) mengungkapkan secara eksplisit, agroindustri adalah perusahaan yang memproses bahan nabati (berasal dari tumbuh-tumbuhan) dan hewani (berasal dari hewan). Proses ini menggunakan perubahan dan pengawetan melalui perlakuan fisik atau kimiawi, penyimpanan, pengemasan dan pendistribusian.

Sedangkan arti dari teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk pengertian program studi teknologi agroindustri ialah mempelajari teknologi industri pertanian dengan model pembelajaran berdasarkan riset dan penguasaan kaidah-kaidah penelitian dengan sifat aplikatif, filosofis dan mandiri. Karena metode pembelajaran berdasar riset atau penelitian, kamu akan mampu menciptakan inovasi baru dengan mengedepankan value serta dapat membuat karya ilmiah yang menarik dan layak dipublikasikan.

Program studi ini akan berfokus pada proses kegiatan setelah panen. Maka dari itu, kamu akan belajar menciptakan produk dengan kualitas tinggi. Perlu kamu ketahui, meski program studi ini merupakan pelajaran Biologi, kamu juga akan mendapat pelajaran lain seperti manajemen, ekonomi dan berwirausaha.

Prospek kerja di program studi teknologi agroindustri berarah menjadi wirausahawan atau entrepreneur. Karena selain kamu menguasai teknologi yang saat ini semakin berkembang pesat, kamu juga menguasai pengolahan hasil tani. Selain menjadi entrepreneur, jangan khawatir, banyak perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional yang bergerak pada pertanian, perkebunan, manufaktur, dan pengembangan teknologi membutuhkan kamu sebagai lulusan agroindustri.

Lulusan teknologi agroindustri  juga bisa mendapat posisi sebagai Manajer lho di perusahaan agroindustri. Selain di perusahaan agroindustri, kamu juga bisa bekerja di beberapa industri. Seperti industri kosmetik. Karena saat ini semakin banyak perusahaan kosmetik yang memakai bahan baku dari tumbuhan, salah satunya contohnya adalah buah-buahan. Kamu juga bisa bekerja di Industri hilir seperti perbankan, BUMN dan lain sebagainya.

Baca juga : http://desy.blog.unjaniyogya.ac.id/2019/05/22/ketahui-perkembangan-teknologi-kesehatan/

Karena, dalam program studi teknologi agroindustri, kamu belajar mengenai ilmu ekonomi dan manajemen yang tidak kalah matang dengan program studi itu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.